Kamis (17/10), UPT Perpustakaan Universitas Jember didukung oleh Emerald Group Publishing Limited mengadakan kegiatan workshop dengan tema  “Pemanfaatan Emerald Platform e-Journal and Guide to Get Published”. Workshop yang diadakan di Aula Lantai 3 Gedung Pascasarjana ini mendatangkan pembicara  yaitu Irwan Sukardi selaku Business Manager dari Emerald Group Publishing Limited. Kegiatan workshop yang diikuiti oleh mahasiswa pascasarjana ini bertujuan untuk menunjang proses penelitian mahasiswa mulai dari penelusuran jurnal di platform emerald sampai dengan publikasi ke jurnal internasional.

Materi pertama yang dijelaskan oleh bapak irwan yaitu terkait dengan cara melakukan pencarian jurnal dan juga penjelasan singkat tools yang tersedia di platform emerald. Produk e-journal emerald dapat diakses di jaringan kampus ataupun diluar jaringan kampus dengan syarat harus log in menggunakan username dan password yang disediakan oleh pihak emerald.

Pada materi kedua bapak irwan memaparkan materi mengenai tips bagi mahasiswa yang akan melakukan publikasi hasil penelitian mereka ke jurnal internasional. Salah satu tips yang disampaikan yaitu sebelum melakukan submit ke jurnal, lebih baik menelisik secara jauh apakah jurnal tersebut telah sesuai dengan tema atau topik penelitian mahasiswa.

“kebanyakan artikel yang di-reject dikarenakan salah memilih jurnal yang tidak sesuai dengan tema atau topik artikel kalian,” papar Beliau. (igh)

Materi workshop dapat diakses di:

https://drive.google.com/open?id=1RtEdbN7tS1aRL45MGGZKGTLn03M0Fnqh


Information


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly

to Member Area