UPA Perpustakaan Universitas Jember melaksanakan kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi Pustakawan dengan menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) sebagai tim asesmen utama dalam kegiatan tersebut. Pelaksanaan  Uji Sertifikasi Kompetensi Pustakawan ini dilaksanakan  selama 2 hari yaitu tanggal 21-22 September 2023.

Universitas Jember sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) mengikutikan Sebanyak 16 peserta yang terdiri dari pustakawan, pengelola perpustakaan Universitas Jember dan pengelola ruang baca Fakultas. 16 peserta Uji Sertifikasi tersebut terbagi menjadi 5 kluster diantaranya kluster pelaksanaan evaluasi pengembangan koleksi perpustakaan sejumlah 2 peserta, kluster literasi informasi sejumlah 2 peserta, kluster layanan dasar sejumlah 5 peserta, kluster promosi perpustakaan 3 peserta dan kluster pengatalogan berbasis komputer 4 peserta. Pada kegiatan ini menghadirkan 4 Asesor diantaranya Dra. Adriati, S.IP., M.hum.; Fifisari Aminingsih, S.Sos.; Sri Purwati, S.Sos., M.Si dan Arief Wicaksono, M.Hum.

 

Pada tanggal 20 September 2023, sebelum pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi Pustakawan, telah digelar Acara Pembukaan yang dilaksanakan secara hybrid bertempat di Ruang Pertemuan UPA Perpustakaan Universitas Jember dan secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan pembukaan diawali dengan Sambutan dari Dr. Opong Sumiati, M.Si selaku Kepala Pusat Pembinaan Pustakawan dilanjutkan Sambutan kedua oleh Dra. Adriati, S.IP., M.hum selaku perwakilan Asesor dari LSP. Sambutan Ketiga Kepala Perpustakaan Universitas Jember, Ida Widiastuti, S.Sos., M.I.Kom dan Sambutan terakhir oleh Wakil Rektor I Prof. Drs. Slamin, M.Comp. Sc., Ph.D yang sekaligus membuka acara pada kegiatan ini.

 

 

Pelaksanaan Uji Kompetensi Sertifikasi Pustakawan selama dua hari berjalan lancar serta menghasilkan penilaian yang memuaskan dengan dinyatakan oleh masing-masing Asesor bahwa seluruh peserta lulus dalam proses asesmen yang dilakukan.

Pasca pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi Pustakawan beberapa peserta dianjurkan memberikan testimoni terhadap kegiatan ini. Berikut beberapa testimoni dari peserta mengucapkan banyak terimakasih kepada Asesor yang telah hadir dan memberikan penilaian pada proses asesmen yang berlangsung selama dua hari. Kegiatan ini sangat berarti bagi peserta dan kehadiran Bapak/Ibu Asesor dari LSP memberikan dukungan serta motivasi untuk dapat mengembangkan kompetensi yang dimiliki.

 

Peserta lainnya juga menyatakan bahwa asesor memiliki sikap yang ramah, komunikatif dan sabar memberikan arahan pada setiap elemen unit kompetensi yang diujikan sehingga peserta dalam melaksanakan uji sertifikasi mengerahkan secara maksimal potensi yang dimiliki.

Selain testimoni untuk Asesor dari LSP, beberapa peserta juga mengucapkan terimakasih kepada pihak UPA Perpustakaan Universitas Jember yang telah memberikan kesempatan tidak hanya bagi pustakawan namun juga pengelola perpustakaan serta pengelola ruang baca Universiats Jember untuk mengikuti kegiatan Uji Sertifikasi sehingga dapat meningkatkan kompetensi yang dimiliki. Berikut juga terdapat salah satu testimoni menarik dari peserta uji sertifikasi yaitu “I am thrilled for all of the expreinces I had, The Friend I made and The Skills I developed”


OPAC


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly


We have 46 news for you!

Hari Lahir Pancasila: Ajang Mengenalkan Keragaman Suku Bangsa Budaya Indonesia

  Universitas Jember menggelar Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024. Upacara kali ini memiliki konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya hanya jajaran pimpinan yang menggunakan pakaian adat, namun tahun ini Mahasiwa, Dosen ...

GELORA: Literasi Lingkungan, Mewarnai Masa Depan

  Kegiatan Studi Literasi Eksternal hasil kolaborasi UPA Perpustakaan Universitas Jember kembali digelar pada tanggal 21-22 Juni 2024. Studi Literasi Eksternal kali ini menggunakan istilah yang berbeda yaitu GELORA (Gerakan Literasi dan Donasi Buku). Kegiatan Literasi yang berbentuk ...

BENGKEL SASTRA: MENGASAH BAKAT KEPENULISAN PUISI SANTRI JEMBER

Selasa (28/5), Santri se-Kabupaten Jember melakukan Library Tour di UPA Perpustakaan Universitas Jember. Kegiatan ini termasuk dalam serangkaian acara Bengkel Sastra yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. Kegiatan Bengkel Sastra  dengan Tema “Penulisan Puisi Bagi Santri ...