Jember (23/7), UPT Perpustakaan Universitas Jember menyelenggarakaan Seminar Nasional dan Call for Paper dengan tema "Revitalisasi Peran Perpustakaan di Era Disrupsi Teknologi". Acara yang bertempat di GEDUNG Soerachman Universitas Jember ini diawali dengan presentasi dari 10 peserta call for paper. Pada sesi ini audience yg hadir begitu antusias memberikan pertanyaan kepada presenter yang mempresentasikan paper mereka, beberapa kali terjadi diskusi yang hangat antara presenter dengan audience yang hadir.
Tepat pada pukul 13.00 WIB dilanjut dengan kegiatan seminar nasional yang mendatangkan dua narasumber diantaranya Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit, M.Sc., MBA., Mphil., MA dan Dr. Taufiq A. Gani, S.Kom., M.Eng. Sc. Kegiatan yang di moderatori oleh Dr. Selfi Budi ini membicarakan terkait fenomena disruptif yang terjadi di tengah-tengah masyarakat akibat perkembangan teknologi yang masif.
Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit, M.Sc., MBA., Mphil., MA memaparkan bahwa perpustakaan perlu melakukan reposisi fungsi dan perannya di era disrupsi teknogi dengan memperbaiki tata kelola perpustakaan dari segi layanan maupun sumber daya manusia perpustakaan.

Hal tersebut diperkuat dengan pemaparan materi kedua oleh Dr. Taufiq A. Gani, S.Kom., M.Eng. Sc. yang berbagi pengalaman Universitas Syiah Kuala dalam menghadapi era disrupsi. Pada kesempatan ini Dosen yang juga menjabat sebagai kepala perpustakaan Universitas Syiah Kuala ini memaparkan tentang inovasi terkait program atau kebijakan yg diterapkan di perpustakaan universitas syiah kuala lengkap dengan manajemen risiko dalam pengendalian disrupsi teknologi.

Pada kegiatan seminar nasional ini peserta yang merupakan praktisi perpustakaan diharapkan dapat mengantisipasi kehadiran era disrupsi teknologi dengan melakukan inovasi dalam pengelolaan perpustakaan mereka. Mengutip pernyataan Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit, M.Sc., MBA., Mphil., MA , "Disrupsi bukanlah fenomena yang mengganggu dan mengancam keberadaan perpustakaan, namun justru menjadi peluang dan tantangan untuk meningkatkan peran entitas budaya ini seluas-luasnya tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu". (igh)

Siaran ulang dapat diakses di https://youtu.be/P-bJF_mmsLw


OPAC


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly


We have 45 news for you!

Hari Lahir Pancasila: Ajang Mengenalkan Keragaman Suku Bangsa Budaya Indonesia

  Universitas Jember menggelar Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024. Upacara kali ini memiliki konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya hanya jajaran pimpinan yang menggunakan pakaian adat, namun tahun ini Mahasiwa, Dosen dan Tenaga...

BENGKEL SASTRA: MENGASAH BAKAT KEPENULISAN PUISI SANTRI JEMBER

Selasa (28/5), Santri se-Kabupaten Jember melakukan Library Tour di UPA Perpustakaan Universitas Jember. Kegiatan ini termasuk dalam serangkaian acara Bengkel Sastra yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. Kegiatan Bengkel Sastra  dengan Tema “Penulisan Puisi Bagi Santri ...

EKSITSPACE: AJANG EKSPRESI SENI DAN LITERASI

  Eksitspace kembali digelar pada Senin 27 Mei 2024. Eksitspace kali ini merupakan yang pertama kali digelar pada tahun 2024 yang juga dilaksanakan secara rutin tiap tahunnya. Eksitspace nantinya akan meramaikan lingkungan pepustakaan setiap bulannya dengan menampilkan pertunjukan ...