Universitas Jember menggelar Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024. Upacara kali ini memiliki konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya hanya jajaran pimpinan yang menggunakan pakaian adat, namun tahun ini Mahasiwa, Dosen dan Tenaga Pendidikan juga turut menggunakan pakaian adat serta atribut pelengkap guna menunjukkan semangat Pancasila Bhinneka Tunggal Ika.

Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna dalam pidatonya menyampaikan “Pada pagi hari ini sejatinya memperingati hari lahirnya Pancasila yang mana para pahlawan pertama kali memperkenalkan Pancasila sebagai makna menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bangsa. Sejalan dengan tema hari lahir Pancasila tahun ini yaitu “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” diharapkan bahwa Pancasila menjadi landasan bagi bangsa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang masih berdaulat,”

Universitas Jember sebagai perguruan tinggi yang mendeklarasikan diri sebagai Kampus Kebangsaan berkomitmen untuk turut serta dalam mengembangkan dan membumikan nilai-nilai Pancasila salah satunya melalui kebudayaan. Beliau juga menyampaikan “Perkenankan saya mengajak seluruh civitas akademika untuk baur membaur menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,”

Peringatan hari lahir Pancasila tahun ini juga dimeriahkan dengan Kirab Budaya yang diikuti oleh seluruh peserta upacara baik dari civitas Fakultas, Lembaga, Unit Penunjang Akademik dan Kantor Pusat. Tak terkecuali UPA Perpustakaan juga mengirimkan perwakilannya menggunakan pakaian adat Bali, Madura, Bugis dan Nusa Tenggara Barat.

Seluruh civitas akademika memadati sekitar Lapangan Universitas Jember dengan pakaian adat yang mencerminkan keragaman suku bangsa budaya Indonesia. Selain itu juga atribut pelengkap seperti music tradisional Angklung, Reog Ponorogo, Penari Jaranan turut memeriahkan Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024.

 

 


OPAC


Web Online Public Access Catalog - Use the search options to find documents quickly


We have 46 news for you!

Hari Lahir Pancasila: Ajang Mengenalkan Keragaman Suku Bangsa Budaya Indonesia

  Universitas Jember menggelar Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024. Upacara kali ini memiliki konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya hanya jajaran pimpinan yang menggunakan pakaian adat, namun tahun ini Mahasiwa, Dosen ...

GELORA: Literasi Lingkungan, Mewarnai Masa Depan

  Kegiatan Studi Literasi Eksternal hasil kolaborasi UPA Perpustakaan Universitas Jember kembali digelar pada tanggal 21-22 Juni 2024. Studi Literasi Eksternal kali ini menggunakan istilah yang berbeda yaitu GELORA (Gerakan Literasi dan Donasi Buku). Kegiatan Literasi yang berbentuk ...

BENGKEL SASTRA: MENGASAH BAKAT KEPENULISAN PUISI SANTRI JEMBER

Selasa (28/5), Santri se-Kabupaten Jember melakukan Library Tour di UPA Perpustakaan Universitas Jember. Kegiatan ini termasuk dalam serangkaian acara Bengkel Sastra yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. Kegiatan Bengkel Sastra  dengan Tema “Penulisan Puisi Bagi Santri ...